KISAH MALAIKAT JIBRIL DAN MALAIKAT MIKAIL MENANGIS…

Dalam sebuah kitab karangan Imam al-Ghazali menyebutkan bahawa iblis itu sesungguhnya namanya disebut sebagai al-Abid (ahli ibadah) pada langit yang pertama, pada langit yang keduanya disebut az-Zahid. Pada langit ketiga, namanya disebut al-Arif. Pada langit keempat, namanya adalah al-Wali. Pada langit kelima, namanya disebut at-Taqi. Pada langit keenam namanya disebut al-Kazin. Pada langit ketujuh namanya disebut Azazil manakala dalam Luh Mahfudz, namanya ialah iblis.

Dia (iblis) lupa akibat urusannya. Maka Allah S.W.T telah memerintahkannya sujud kepada Adam. Lalu iblis berkata, “Adakah Engkau mengutamakannya daripada aku, sedangkan aku lebih baik daripadanya. Engkau jadikan aku daripada api dan Engkau jadikan Adam daripada tanah.”
Lalu Allah S.W.T berfirman yang maksudnya, “Aku membuat apa yang aku kehendaki.” Oleh kerana iblis memandang dirinya penuh keagungan, maka dia enggan sujud kepada Adam A.S kerana bangga dan sombong.
Dia berdiri tegak sampai saatnya malaikat bersujud dalam waktu yang berlalu. Ketika para malaikat mengangkat kepala mereka, mereka mendapati iblis tidak sujud sedang mereka telah selesai sujud. Maka para malaikat bersujud lagi bagi kali kedua kerana bersyukur, tetapi iblis tetap angkuh dan enggan sujud. Dia berdiri tegak dan memaling dari para malaikat yang sedang bersujud. Dia tidak ingin mengikut mereka dan tidak pula dia merasa menyesal atas keengganannya.

Kemudian Allah S.W.T merubahkan mukanya pada asalnya yang sangat indah cemerlangan kepada bentuk seperti babi hutan. Allah S.W.T membentukkan kepalanya seperti kepala unta, dadanya seperti daging yang menonjol di atas punggung, wajah yang ada di antara dada dan kepala itu seperti wajah kera, kedua matanya terbelah pada sepanjang permukaan wajahnya. Lubang hidungnya terbuka seperti cerek tukang bekam, kedua bibirnya seperti bibir lembu, taringnya keluar seperti taring babi hutan dan janggut terdapat sebanyak tujuh helai.

Setelah itu, lalu Allah mengusirnya dari syurga, bahkan dari langit, dari bumi dan ke beberapa jazirah. Dia tidak akan masuk ke bumi melainkan dengan cara sembunyi. Allah S.W.T melaknatinya sehingga ke hari kiamat kerana dia menjadi kafir. Walaupun iblis itu pada sebelumnya sangat indah cemerlang rupanya, mempunyai sayap emapt, banyak ilmu, banyak ibadah serta menjadi kebanggan para malaikat dan pemukanya, dan dia juga pemimpin para malaikat karubiyin dan banyak lagi, tetapi semua itu tidak menjadi jaminan sama sekali baginya.

Ketika Allah S.W.T membalas tipu daya iblis, maka menangislah Jibril A.S dan Mikail. Lalu Allah S.W.T berfirman yang bermaksud, “Apakah yang membuat kamu menangis?” Lalu mereka menjawab, “Ya Allah! Kami tidaklah aman dari tipu dayamu.”
Firman Allah bagi bermaksud, “Begitulah aku. Jadilah engkau berdua tidak aman dari tipu dayaku.”
Setelah diusir, maka iblis pun berkata, “Ya Tuhanku, Engkau telah mengusir aku dari Syurga disebabkan Adam, dan aku tidak menguasainya melainkan dengan penguasaan-Mu.”

Lalu Allah berfirman yang bermaksud, “Engkau dikuasakan atas dia, yakni atas anak cucunya, sebab para nabi adalah maksum.”
Berkata lagi iblis, “Tambahkanlah lagi untukku.” Allah berfirman yang maksudnya, “Tidak akan dilahirkan seorang anak baginya kecuali tentu dilahirkan untukmu dua padanya.”
Berkata iblis lagi, “Tambahkanlah lagi untukku.” Lalu Allah berfirman dengan maksud, “Dada-dada mereka adalah rumahmu, engkau berjalan di sana sejalan dengan peredaran darah.”
Berkata iblis lagi, “Tambahkanlah lagi untukku.” Maka Allah berfirman lagi yang bermaksud, “Dan kerahkanlah terhadap mereka pasukan berkuda dan pasukan yang berjalan kaki, ertinya mintalah tolong menghadapi mereka dengan pembantu-pembantumu, baik yang naik kuda mahupun yang berjalan kaki. Dan berserikatlah dengan mereka pada harta, iaitu mendorong mereka mengusahakannya dan mengarahkannya ke dalam haram.”

“Dan pada anak-anak, iaitu dengan menganjurkan mereka dalam membuat perantara mendapat anak dengan cara yang dilarang, seperti melakukan senggama dalam masa haid, berbuat perkara-perkara syirik mengenai anak-anak itu dengan memberi nama mereka Abdul Uzza, menyesatkan mereka dengan cara mendorong ke arah agama yang batil, mata pencarian yang tercela dan perbuatan-perbuatan yang jahat dan berjanjilah mereka.” (Hal ini ada disebutkan dalamsurah al-Isra ayat 64 yang bermaksud : “Gerakkanlah orang yang engkau kuasai di antara mereka dengan suara engkau dan kerahkanlah kepada mereka tentera engkau yang berkuda dan yang berjalan kaki dan serikanlah mereka pada harta dan anak-anak dan berjanjilah kepada mereka. Tak ada yang dijanjikan iblis kepada mereka melainkan (semata-mata) tipuan.”

77 pemikiran pada “KISAH MALAIKAT JIBRIL DAN MALAIKAT MIKAIL MENANGIS…

  1. Assalaamu’alaikum wr. wb.

    Saya Sarah Annakiko, selaku muslim, saya berterima kasih kepada siapa pun yang telah mempublikasikan cerita ini. Sekaligus bersyukur karena Allah S.W.T. mengizinkan “anda”, menceritakan ulang kisah ini.

    Wassalaam.

  2. Subhanallah…
    Terbukalah wawasan hamba ya Allah…

    Sesungguhnya celakalah makhluk-Mu yang tidak taat pada-Mu…

    Tidak ada tempat kembali selain daripada-Mu Ya Allah…

    ^.^

  3. assalamu’alaikum

    aku suka sekali sama tulisan yang kamu buat.
    sekalian,aku pengen kenalan ma tmn2 muslm lain.
    (nurul_qalbi2000@yahoo.com)
    aku tunggu loch…

  4. Sesungguhnya ALLAH itu Sangat sayang kepada semua Mahluk Ciptaan_NYA … sayangnya tidak semua orang tahu … Astaghfirullah ….

  5. Bila semua ceritera yang diambil itu karena hebatnya, maka siapapun bisa mengkreasi ceritera yang lebih hebat dari menangisnya Jibril dan Mikail. Di sinilah perlunya memahami Kitab Suci (Al Qur-an) dan hadits-hadits yang tidak kontra dengan Al Quran.
    Sebuah contoh tentang Iblis diberi kelonggaran berupa pasukan kuda, pasukan yang berjalan kaki dan perserikatan, sudah jelas hal tersebut itu diangkat dari surah Bani Israil ayat 61 hingga aya 65 (QS17:61-65), tapi sama sekali tidak harus atau jangan dirangkai dengan kisah konyol nangisnya Jibril dan Mikail. Ayat-ayat Al Quran pasti benar, namun janganlah kebenaran dicampur-adukkan dengan ceritera Israiliyyat ataupun Jahiliyyah. Itulah penyebab kerusakan agama tauhid.

  6. Malaikat diciptakan untuk bertaat kepada Allah,Swt karena terbuat dari cahaya,bila Azazil,(lucifer),Iblis dulunya taat berarti dia sejenis malaikat juga,tapi kenapa dia bisa punya perasaan iri kepada manusia atau dia diciptakan dari awal emang dari api ya, sang pembawa terang ,eeem…… mungkin karena terangnya dari api,jadi cenderung mengikuti hawa nafsu.Wallohualam … Tuhan Maha Tahu atas penciptaan Alam semesta.

  7. Allah tidak bersedih hati dengan ingkarnya Azazil atau lucifer,kepadaNYa,karena Allah sudah mencipta pengganti yang lebih mulia dari semua ciptaannya yaitu Nabi Muhammad Rahmatan semesta Alam,nur nabi Muhammad tercipta sebelum nya.Tuhan yang MAha berkehendak.Allah ciptakan semua Nabi sebagai Muslim ,,(orang yang bertaat kepada Allah),pada akhirnya Nabi Adam dan Nabi Isa pun,sholat seperti yang dilakukan Nabi penghujung yaitu Nabi Muhammad, karena di Alquran dihadapan Allah SWT para Rasul mengamini ke Rasulan Nabi Muhammad. agama Islam adalah agama untuk semesta Alam tapi pemeluk agamanya mungkin banyak yang belum paham seperti apa Islam yang sebenarnya, karena Nabi Muhammad pun melindungi kristen kokpit di daerah kekuasaannya, tidak memaksakan kehendak kepada umat lain karena Islam itu Agama yang sempurna Allah ciptakan,tapi gak ngerti juga kenapa jadi banyak fitnahan sama agama paling indah ini,tapi janji Allah,sampai penghisaban islam adalah agama penghabisan.

  8. dakwah bukan semata mata d i tempat ibadah,,,,,,di dunia maya pun dakwah islamiyah bisa di si’ar kan,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,allahu akbar,allahu akbar,,allahu akbar,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    • mungkin hanya perumpamaan saja, karena sejatinya al-quran itu petunjuk bagi manusia. huda lin naas wal bayinaati minal huda wal furqon. petunjuk bagi manusia dan menjadi penjelas dari petunjuk dan pembeda (antara Haq dan Bathil)

  9. Sifat Mala’ikat (Cahaya) , Sifat Azazel (Api) sifat Hewan Sifat Langit Sifat Bumi Sifat Gunung, Sifat burung dll. yang ada di dalam Al-qur’an bisa menjadi pelajaran bagi manusia dalam mengarungi hidup baik di dunia fana ataupun di akhirat kelak.agar terselamatkan dari jalan yang tersesat. amien

  10. Celakalah bila kita mengikuti langkah2 Syetan, Alloh memperingatkan kepada kita di dalam surat Ibrohim 22. :
    Dan berkatalah syaitan tatkala perkara (hisab) Telah diselesaikan: “Sesungguhnya Allah Telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan akupun Telah menjanjikan kepadamu tetapi Aku menyalahinya. sekali-kali tidak ada kekuasaan bagiku terhadapmu, melainkan (sekedar) Aku menyeru kamu lalu kamu mematuhi seruanku, oleh sebab itu janganlah kamu mencerca Aku akan tetapi cercalah dirimu sendiri. Aku sekali-kali tidak dapat menolongmu dan kamupun sekali-kali tidak dapat menolongku. Sesungguhnya Aku tidak membenarkan perbuatanmu mempersekutukan Aku (dengan Allah) sejak dahulu”. Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu mendapat siksaan yang pedih.

  11. ….Lalu mereka menjawab, “Ya Allah! Kami tidaklah aman dari ‘TIPU DAYAMU’.”..??? ….Firman Allah bagi bermaksud, “Begitulah aku. Jadilah engkau berdua tidak aman dari ‘TIPU DAYAKU’.” ?? maksudnya apa tuh ??

  12. Berkata lagi iblis, “Tambahkanlah lagi untukku.” Allah berfirman yang maksudnya, “Tidak akan dilahirkan seorang anak baginya kecuali tentu dilahirkan untukmu dua padanya.”
    —> ada yg bisa membantu menjelaskan maksudnya bagaimana??? mohon bantuannya terimakasih..

  13. Berkata lagi iblis, “Tambahkanlah lagi untukku.” Allah berfirman yang maksudnya, “Tidak akan dilahirkan seorang anak baginya kecuali tentu dilahirkan untukmu dua padanya.”
    —> ada yg bisa membantu menjelaskan maksudnya bagaimana??? mohon bantuannya terimakasih.

  14. Matur sembah nuwon sakderengepun…
    Sakmeniko kulo dadosepun saget ngertos asal usule iblis meniko..
    Mugi” saget bermanfaat damel ingsun ten ngeneh alam ndunyo…
    آمِيّنْ… آمِيّنْ… يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّنْ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s