AnaKku RoKok itu HaRaM sayaNg…

Anakku, memang pada zaman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam rokok itu belum ada, namun sesungguhnya Islam datang dengan pokok yang umum, mengharamkan segala sesuatu yang membahayakan tubuh, mengganggu orang di dekatnya, atau menyia-nyiakan harta. Inilah dalil-dalil yang menunjukkan hukum rokok:

1. Allah ta’ala berfirman,

Dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk (Al-A’raf: 157).
Dan rokok merupakan perkara buruk yang memudharatkan dan baunya pun busuk.

2. Allah ta’ala berfirman,

Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan. (Al-Baqarah: 195).
Rokok akan menyebabkan penyakit yang mematikan seperti TBC, kanker dan lain-lain.

3. Allah ta’ala berfirman,

Janganlah kalian membunuh jiwa-jiwa kalian. (An-Nisa: 29).
Rokok itu membunuh secara perlahan-lahan.

4. Allah berfirman tentang mudharatnya khamr,

Tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya. (Al-Baqarah: 219).
Bahaya rokok itu lebih besar dari manfaatnya, bahkan rokok itu seluruhnya membahayakan (tidak ada manfaatnya sama sekali –pent.).

5. Allah ta’ala berfirman,

Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan (Al-Isra’: 28).
Rokok itu bentuk pemborosan dan berlebih-lebihan, termasuk perbuatannya syaithan.

6. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
لاَ ضَرَرَ وَلاَ ضِرَارَ
“Tidaklah membahayakan dan tidaklah dibahayakan” (Shahih, riwayat Ahmad).
Rokok itu membahayakan orang yang menghisapnya, dan mengganggu orang yang di dekatnya serta menyia-nyiakan hartanya (bahkan berakibat buruk sekali bagi orang sekitarnya yang disebut perokok pasif -pent).

7. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
وَكَرِهَ (اللهُ) لَكُمْ إِضَاعَةَ الْمَالِ
“Allah membenci penyia-nyiaan harta bagi kalian” (Muttafaqun ‘alaihi).
Dan rokok merupakan penyia-nyiaan harta penghisapnya yang dibenci oleh Allah ta’ala.

Demikianlah dalil-dalil yang menunjukkan haramnya rokok. Sehingga janganlah kalian coba-coba menghisapnya ya. Barakallahu fiikum.

(Sumber: Kaifa Nurabbi Auladana, Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu)

so…mw berubah g???

Iklan

9 thoughts on “AnaKku RoKok itu HaRaM sayaNg…

  1. @deethalsya

    yup bner bgt tu…

    dah hebat tuch bsa nahan ampe 1 minggu
    brrti bsa dong…
    perlahan-lahan aja
    jgn lgsg berubah total

    ingetkan…
    “sgla sesuatu membutuhkan proses”

    ayo smngt!!!

    😀 u can do it…

  2. halah anak TK ikut2 aja :p

    “sgla sesuatu membutuhkan proses”

    yups.. semua membutuhkan proses n seharusnya proses itu sudah mulai berjalan tapi niat syaah masih setengah2 sih jadi yah gitu deh
    🙂

  3. AIWAH SHAH KALAMUKI MASBUT……KAIDAH USHUL FIQH MENGATAKAN”DAR’UL MAFASID TUQADDAMU ALA JANIBIL MANAAFI'(menolak kemudaratan lebih utama drari mengambil mamfaat)

  4. SETUJU… salah satu hal yang palig saya tidak suka ya itu… rokok.., tapi gimana ya kalo ada orang yang berdalih macem2? jadi bosen mngingetinnya…

  5. yg pasti akh wahyu…semua dalih org yg membolehkan merokok bs dibantah….n alasan mereka ga masuk akal semua….coba keluarkan semua alasan yg membolehkan merokok itu….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s