Tips Memberi Obat pada Bayi & Balita

Kesulitan memberi obat sangat umum dialami orangtua dari bayi dan usia bawah lima tahun (balita). Biasanya anak-anak tersebut melakukan berbagai cara untuk menolak obat yang diberikan.

Berbagai cara dapat dilakukan si kecil. Mulai dari menggunakan tangannya untuk menolak obat, menangis dengan keras hingga memuntahkan kembali obat yang telah susah payah dimasukkan ke dalam mulut mungilnya.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menyiasati tingkah menyulitkan tersebut, antara lain:

* Gendonglah anak Anda ketika diberi obat. Posisi menggendongnya, kepala berada lebih tinggi ketimbang badan, agar dia tidak tersedak yang bisa berakibat obat masuk ke dalam paru-paru.


* Mintalah bantuan orang dewasa atau anak yang lebih besar untuk menenangkannya. Kalau tidak ada orang lain, Anda bisa membungkus tangan dan tubuh anak Anda dengan selimut agar tangannnya tak mengganggu Anda.
* Jika anak Anda sering memuntahkan kembali obat yang diminumnya, mintalah bantuan seseorang untuk membuka mulutnya dengan lembut. Lalu, dengan lembut pula masukkan obat ke dalam mulutnya.
* Pemberian obat, yang biasanya berbentuk cair bisa menggunakan sendok atau pipet.
* Bila menggunakan sendok, letakkan sendok yang telah disterilkan dan diisi obat pada bibir bagian bawah. Angkat sedikit sendoknya agar obat mengalir ke dalam mulutnya.
* Bila menggunakan pipet, isilah pipet dengan sejumlah obat yang sesuai dengan petunjuk dokter. Letakkan pipet obat di sudut mulut bayi dan keluarkan obat perlahan-lahan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s